Kemeriahan HUT Kota Yogyakarta ke 263

Kota Yogyakarta memperingati hari ulang tahun yang ke 263 tahun Senin 7 Oktober 2019. Ribuan warga Yogyakarta tumpah ruah menyaksikan event dengan tajuk Wayang Jogja Night Carnival 4 di kawasan Tugu Yogyakarta.

ulang tahun yogyakarta

Wayang Jogja Night Carnival meriahkan Ulang Tahun Yogyakarta ke 263

Mulai dari sore hari warga yogyakarta sudah mulai memadati kawasan tugu untuk menyaksikan Wayang Jogja Night Carnival yang sudah 4 kali di selenggarakan. Dalam acara ini mengusung tema ‘ Ringgit Wanara Kagungan Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat’

Wayang Kapi-Kapi

Dalam event Wayang Jogja Night Carnival ini terdapat 14 karakter wayang kapi-kapi. Karekter tersebut merupakan perwujudan perpaduan bagian tubuh hewan yang mempresentasikan kehidupan di dunia. Diantaranya yaitu Wayang Kapi Kingkin, Wayang Jaya Harima atau Wayang Kapi Harima, Wayang Kapi Wraha, Wayang Kapi Warjita atau Kapi Wercita, Wayang Kapi Jaya Anala atau Kapi Anggeni, Wayang Kapi Satabali.

wayang kapi kapi

Kemudian ada Wayang Kapi Premujabahu atau Kapi Permujabahu, Wayang Kapi Liman Dhesthi, Wayang Kapi Cocak Rawun, Wayang Kapi Sembawa, Wayang Kapi Endrajanu, Wayang Kapi Widagsi, Wayang Kapi Jaya Arina, dan Wayang Kapi Trewilun.

Filosofi pada Ulang Tahun Yogyakarta ke 263

Ulang tahun Yogyakarta tak lepas dari peristiwa sejarah Perjanjian Giyanti yang membagi dua kerajaan mataram. Yaitu Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Dalam tema Wayang Night Festival ini memiliki filosofi Wayang Kapi-kapi sendiri mengajarkan agar kita saling mengayomi meski memiliki pribadi berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *